American Cocker Spaniel

American-Cocker-Spaniel-2.jpg

Anjing ini berasal dari spanyol. Persilangan dari jenis setter dan spaniel. Spaniel sering digunakan untuk memburu brung pelatuk (woodcock). Di Amerika, ras anjing ini di pelihara untuk mengintai dan menggiring burung untuk di tembak oleh majikan nya. Dulu nya olahraga menangkap burung memang dilakukan manusia dan memakai anjing Cocker Spaniel. Maka anjing ini juga dinamai cocker.Namun sekarang anjing ini diperuntukan sebagai anjing kontes dan binatang kesayangan.

CIRI FISIK

American Cocker Spaniel adalah anjing terkecil yang diakui oleh American Kennel Club sebagai anjing olah raga. Ciri fisik dari cocker Spaniel amerika adalah bagian telinga, dada, perut dan kaki berbulu lebat, telinga panjang, bola mata berwarna gelap, dan bagian kepala cendering berbentuk bulat. Warna dan corak bulu anjing ini bermacam2, mulai dari seluruh tubuh berwarna sama ataupun ada sedikit totol berwana lain, dan juga bisa berupa kombinasi warna yang disebut marle (warna dasar dengan bintik-bintik atau belang yang tidak merata). Pada usia 15 bulan, American cocker jantan setinggi 37,5 cm dan betina nya hanya 35 cm. Berat rata-rata American Cocker Spaniel 11 – 14 kg dengan betina lebih ringan dari laki-laki.

cocker-spaniel-chocolate-sasha-05

American Cocker Spaniel bulu coklat

thql60pcd6

American Cocker Spaniel bulu emas

SIFAT

Pada tingkat sosial yang baik pada usia dini. anjing ini dapat bergaul dengan manusia, anak anak, anjing dan peliharaan lainya. Paling tidak cocok apabila dtinggal sendirian di halaman belakang. Anjing ini mudah stress dengan suara berisik atau keras dan perlakuan atau penanganan yang kasar. Seiring perkembangan jaman, anjing ini sudah tidak digunakan lagi sebagai anjing berburu tetapi lebih ke anjing untuk show.

KESEHATAN

American Cocker Spaniel di Inggris dan Amerika Serikat/Canada memiliki umur rata2 sekitar 10 sampai 11 tahun. Semakin besar anjing ini, maka umur nya bias setahun lebih lama. Dalam sebuah survei di UK Kennel Club 2004, penyebab paling umum kematian anjing ini adalah kanker (23%), usia tua (20%), jantung (8%) dan kekebalan tubuh menurun (8%). Sedangkan dalam survey kesehatan di Amerika Serikat/Kanada dengan sampel yang lebih kecil, penyebab utama kematian adalah kanker, penyakit hati, dan penurunan kekebalan tubuh. American Cocker Spaniel juga rentan terhadap berbagai penyakit, terutama infeksi yang mempengaruhi telinga merekadan dalam beberapa kasus ada juga yang menyerang mata. American Spaniel Club merekomendasikan pemeriksaan mata tahunan oleh dokter hewan spesialis mata untuk semua anjing yang digunakan sebagai indukan.  Kondisi jantung dan epilepsi juga termasuk penyakit yang sering diderita oleh anjing ini. Dan biasa nya karena keturunan.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/American_Cocker_Spaniel

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s